LAPORAN BIMBEL DI SDN 11 PAGI KEBON JERUK [PERTEMUAN 1]

Kelas                          : LG11
Dosen                        : Murty Magda Pane
Kode Dosen               : D3371
Waktu                         : Rabu, 7 Oktober 2015
Jam                            : 10.00-11.00
Jumlah peserta          : 32 siswa
Lokasi                        : SDSN 11 pagi Jl. Kb. Jeruk III, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,  
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
Anggota yang hadir :
  • Raffi Sanjaya
  • Nanda Rizka Kamila
  • Nurulita Putri Jayanti
  • Siti Jubaedah
  • Restu Ade H
  • Windyana


<foto>

Haloo semuaa,
Blog ini adalah tempat kami menulis laporan untuk mata kuliah character building. mata kuliah Character Building ini bertujuan untuk pembentukan karakter dan soft skill mahasiswa. Untuk pembentukan softskill ini diadakan kegiatan peduli untuk komunitas dengan kegiatan bersama Teach For Indonesia. Nah untuk itu kami diberi tugas untuk melakukan kegiatan bimbingan belajar pada siswa-siswi SD. Berikut ini adalah laporan kegiatan kami mengajar~

Pada pertemuan pertama ini kami pergi ke sdsn 11 pagi kebon jeruk untuk melakukan kegiatan bimbingan belajar pada siswa-siswi kelas 2 di sekolah tersebut. Kami berkumpul di depan sekolah pada pukul 9.30 pagi setibanya disana kami bertemu dengan Bapak Khalil, kepala sekolah sdsn 11 pagi untuk melakukan briefing sebelum mengajar. Dalam bimbel ini kami diminta untuk mengajar matematika serta inggris secara bergantian. untuk pertemuan pertama ini kami memutuskan untuk mengajar matematika. setelah selesai briefing kami langsung ke kelas 2a untuk memulai bimbingan belajar.

Anak-anak menyambut gembira kedatangan kami, kami disambut dengan antusias oleh anak-anak tersebut. Mereka terlihat lucu-lucu dan menggemaskan. Mereka sangat pintar, saat kami memperkenalkan nama masing-masing dengan cepatnya mereka menghafal nama-nama kami.

Materi yang kami ajarkan hari ini adalah tentang jam dan waktu. kami mempersiapkan materi ini berdasarkan LKS Matematika

Metode pengajaran yang kita gunakan adalah metode mentoring, kami membagi anak-anak tersebut menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdapat 1 mentor.  Mereka sangat antusias dalam belajar matematika. mereka sangat cepat memahami dan juga tak ragu dalam bertanya. Namun ada juga anak yang suka berlari keluar kelas saat kami mengajar tetapi ketika dipanggil anak itu balik lagi ke kelas dan ikut belajar.

Survey eksternal : Menurut Ibu Diah wali kelas 2A, cara mengajar kami sudah baik namun harus lebih kiddy lagi ke siswa
Survey internal : Pada sesi ini kami memutuskan untuk memilih Siti Jubaendah sebagai anggota tim yang terbaik dalam mengajar. Hal ini karena semangat dan kesabaranya dalam mengajar anak-anak.

sebelum kegiatan
sesudah kegiatan


<form evaluasi>

Dengan bimbel hari ini mereka memahami tentang jam dan waktu. Mereka dapat mengerti membaca jam dinding. Kami tidak sabar untuk mengajar mereka lagi

Untuk pertemuan selanjutnya kami mencoba lebih disiplin dalam mengajar, sehingga anak-anak tidak berlarian dan rebut sendiri saat belajar. Demikianlah laporan dari kelompok kami, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kalian untuk melakukan hal yang sama~

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar